Wild Animal Watching (WAW)

Salam Lestari!
Pada tanggal 27-28 Oktober 2018, Divisi Wild and Domestic Animal Care melaksanakan pengamatan satwa liar di Taman Nasional Baluran.  Acara ini diikuti oleh sekitar 55 mahasiswa program studi kedokteran hewan UNAIR PSDKU di Banyuwangi.

Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk melakukan pengamatan dan studi terhadap satwa liar di Taman Nasional Baluran, agar meningkatnya minat mahasiswa/I terhadap satwa liar.
Taman nasional baluran merupakan habitat dari beberapa satwa liar seperti macaca, banteng, rusa, burung merak, ayam hutan, kucing bakau, ajag, dan masih banyak beberapa spesies lain. 

Acara pengamatan dilaksanakan selama dua hari dengan teknis acara yang sama (dua kloter). Kegiatan di hari pertama dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan pembagian 10 peserta memulai trekking melalui Savanna Bekol dan 10 peserta lainnya melalui Pantai Bama untuk melaksanakan Bird Watching. Pengamatan ini dilakukan dengan mengamati satwa pada tempat-tempat berkumpulnya. Beberapa satwa yang ditemukan selama kegiatan ini antara lain Macaca, Rusa, Burung Merak, dll. Tepat pukul 12.00 WIB peserta berkumpul di titik point yaitu Pantai Bama untuk melakukan diskusi bersama drh. Boedi Setiawan dan pihak Baluran. Setelah diskusi, peserta melanjutkan pengamatan dengan melakukan switch pada rute trekking, peserta yang memulai trekking dari savanna akan berpindah melakukan trekking di Pantai Bama, begitupun sebaliknya.

Pengamatan yang dilaksanakan pada bulan Oktober ini mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan banyak Burung Merak karena pada bulan ini merupakan musim kawin bagi Burung Merak.
Kegiatan pengamatan ini pun diakhiri dengan pemeriksaan feses yang ditemukan selama pengamatan di Taman Nasional Baluran.
=============================================================================


Find us on.
Line : @yqk9396y


Komentar

Postingan Populer