Pengabdian Masyarakat (PENGMAS) FKH PSDKU Universitas Airlangga Banyuwangi 2018

"Pengabdian Masyarakat FKH PSDKU Universitas Airlangga Banyuwangi" merupakan kegiatan yang diadakan oleh Divisi Swine and Ruminants Care (SRC) Himpunan Mahasiswa Kedokteran Hewan (HMKH) dan bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kebupaten Banyuwangi. Kegiatan ini diadakan mengingat pentingnya dilakukan pengabdian masyarakat yang merupakan proses dengan pergerakan untuk pemberdayaan diri berlandaskan kepentingan masyarakat. Dalam tujuan untuk memenuhi permintaan pasar yang kian lama terjadi peningkatan kebutuhan daging ternak tentunya perlu adanya suatu manajemen peternakan dan kesehatan hewan yang baik untuk memaksimalkan produksi peternakan. Sehingga perekonomian dan kesejahteraan masyarakat petani peternak dan ternaknya dapat meningkat. Meskipun mahasiswa Kedokteran Hewan mendapatkan ilmu dan teori dalam manajemen pemeliharaan ternak secara baik di bangku perkuliahan, namun hal ini tentu masih belum cukup untuk bekal kedepan seorang dokter hewan dalam melaksanakan profesi. Harapan setelah mengikuti kegiatan tersebut mahasiswa mendapat wawasan dan pengetahuan tentang pengaplikasian ilmunya dan yang paling penting adalah melatih mahasiswa untuk dapat langsung praktik di lapangan dan bersosialisasi didalam kehidupan bermasyarakat serta mendukung peran pemerintah setempat.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 30 April 2018, Senin-Kamis, 7-10 Mei 2018, dan Sabtu-Minggu, 12-13 Mei 2018 bertempat di Kampus PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi dan Kecamatan Wongsorejo - Kabupaten Banyuwangi yang menggunakan 3 tempat yaitu desa Alasbulu dusun krajan 1 dan dusun krajan 2. Kegiatan dimulai pada hari Senin 30 April 2018 dengan agenda kegiatan pembekalan materi, dan kemudian kegiatan dilanjutkan pada hari Senin-Kamis 7-10 Mei 2018 dengan agenda pembekalan praktikum. Kegiatan kemudian dilanjut Sabtu 12 Mei 2018 pukul 08.00 yang dimulai dengan sambutan oleh Ketua pelaksana kegiatan, dilanjutkan oleh Ketua HMKH, dosen pembimbing, ketua PDHI Jatim IV, perwakilan Dinas Pertanian dan Kepala Kecamatan Wongsorejo. Setelah itu acara dilanjutkan dengan cek kesehatan hewan, pemberian vitamin, pengobatan hewan, pemeriksaan kebuntingan, pemeriksaan gangguan reproduksi dan melakukan penyuluhan kepada peternak maupun warga. Selain dilakukan kegiatan-kegiatan tersebut  Kegiatan ini juga bertujuan melatih ketrampilan dan menambah bekal kepada Mahasiswa Kedokteran Hewan dalam keprofesiannya nanti khususnya di bidang ternak besar.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini selesai dilaksanakan Minggu 13 Mei 2018 pukul 13.00 yang diakhiri dengan penutupan bertempat di kantor Kecamatan Wongsorejo. Kegiatan ini ditutup dengan pemberian plakat mahasiswa FKH PSDKU UNAIR di Banyuwangi kepada pihak kecamatan Wongsorejo dan  Dinas Pertanian Kabupaten Banyuwangi serta foto bersama.


=============================================================================
Find us on.
Line : @yqk9396y

Komentar

Postingan Populer