Pengabdian Masyarakat



Tahukah kalian apa itu PENGMAS!!! PENGMAS (Pengabdian Masyarakat) adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok mahasiswa yang bertujuan untuk masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun demi kesejahteraan kesehatan hewan di sekitar. Pada umumnya program ini sudah menjadi kegiatan wajib di berbagai universitas atau institute yang ada di Indonesia untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia, khususnya dalam mengembangkang kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia. Selain itu, kegiatan pengmas merupakan salah satu bagian dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Fakultas Kedokteran Hewan prodi S1 Pendidikan Dokter Hewan Universitas Airlangga PSDKU di Banyuwangi telah melaksanakan suatu pengabdian masyarakat pada tanggal 19 s.d 21 di Desa Sumberasri, Kec. Purwoharjo, Kab. Banyuwangi. Pengabdian masyarakat ini adalah salah satu program unggulan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Kedokteran Hewan (HMKH), dibawah divisi Swine and Ruminant Care (SRC). Pengmas ini utamanya  ditujukan untuk seluruh mahasiswa FKH  Unair PSDKU di Bayuwangi agar mempersiapkan diri untuk siap terjun langsung ke lapangan pekerjaan nantinya. Maka dari itu, pengmas ini menjadi wadah untuk para mahasiswa dalam pengembangan hardskill dan softskill seperti bagaimana melakukan pengobatan dan interaksi yang baik dengan masyarakat utamanya pemilik ternak.
Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa FKH Unair PSDKU di Banyuwangi berupa pengobatan, treatment, dan penyuluhan. Pada pengmas ini juga berkerjasama dengan dinas pertanian utamanya dengan para dokter hewan lapangan dengan harapan mahasiswa dapat banyak belajar dari dokter hewan yang sudah banyak memiliki pengalaman. Dosen Fakultas Kedokteran Hewan PSDKU pun ikut serta mendukung dan membantu kegiatan pengmas sehingga berjalan dengan lancar.
Terima kasih terhadap seluruh elemen yang telah mambantu dan mendukung kegiatan ini, terutama seluruh dosen, dokter hewan dinas, dinas pertanian, semua kepala dusun di Desa Sumberasri beserta masyarakat, dan seluruh panitia, sehingga dapat berjalan dengan baik. Harapan kedepannya pengmas ini dapat dilaksanakan kembali dengan inovasi yang baru serta dapat memberikan manfaat lebih baik bagi mahasiswa, masyarakat, dan yang lainnya. 

Komentar

Postingan Populer