Inseminasi Buatan pada Unggas by Fowl Care

 

Hai sobat fowl semua!      

Masih bersama kami dari divisi Fowl Care. Kali ini kami akan me-review salah satu proker yang telah dilaksanakan yaitu Inseminasi Buatan pada Unggas. Apasih itu Inseminasi Buatan? Kegiatannya ngapain aja sih? Nah pada kepo kan ? Yuk telusuri dibawah ini.

Inseminasi Buatan pada Unggas merupakan salah satu proker dari Divisi Fowl Care yang dilaksanakan untuk pertama kalinya secara online. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 September 2020 pada pukul 08.00 – 11.00 WIB yang mana pesertanya dibuka untuk umum. Peserta yang mengikuti mulai dari semester 1-7 bahkan mahasiswa koas dan kolega dokter hewan serta mahasiswa dari universitas lain. Kegiatan yang dilaksanakan secara online ini dilakukan via zoom.

Kegiatan Inseminasi Buatan pada Unggas dibawakan oleh pemateri Ragil Angga Prastiya, drh., M.Si yang merupakan salah satu dosen pengampu Departemen Reproduksi Veteriner PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi. Kegiatan ini terdiri dari kuliah umum dan pemberian video demo inseminasi buatan. Karena adanaya pandemi, mengakibatkan kami tidak bisa melaksanakan pratikum hand-on di lab yang seharusnya dilakukan. Pemberian video demo inseminasi buatan menjadi alternatif pengganti pratikum hand-on. Ketika demo menggunakan ayam jago jantan dan ayam betina yang sudah berproduksi. Sperma yang telah diambil pada ayam jantan langsung di masukkan ke ayam betina menggunakan spuit 1 cc dan mikropipet. Ayam jantan yang akan diambil sperma sebelumnya harus di massage atau pijat terlebih dahulu pada bagian punggung sampai kloakanya kurang lebih seminggu sebelumya spermanya akan diambil.

Harapan kami dari Divisi Fowl Care semoga Kegiatan Inseminasi Buatan pada Unggas yang kami laksanakan dapat menunjang pengetahuan mahasiswa kedokteran hewan dibidang perunggasan, sehingga ketika telah menjadi doker hewan mahasiswa telah memiliki bekal ilmu yang memumpuni di bidang perunggasan.

Terima kasih kepada pemateri yang telah membagikan ilmu yang sangat bermanfaat dan teman-teman panitia yang telah membantu kelancaran acara ini serta teman-teman peserta yang telah hadir dalam Inseminasi Buatan pada Unggas ini. Jangan lupa untuk hadir di proker kami selanjutnya!!

kalian bisa menyaksikan video IB pada official youtube kami!

https://youtu.be/gmJOqkX99MQ 

https://youtu.be/9Fu8rmUg7nI

Salam sobat Fowl!

Komentar

Postingan Populer