LAMENESS DAN CHIP FRACTURE PADA KUDA PACU by EC

 

Jika kita membicarakan tentang chip fracture maka tidak akan jauh dengan lameness, maka sebelum kita membahas lebih dalam tentang kuda pacu baiknya kita membicarakan tentang lameness. Lameness adalah sebuah abnormalitas gait dari kuda atau lebih dikenal dengan kepincangan kaki kuda. Kaki kuda cenderung lebih mudah terkena lameness pada kaki depan sebelah kanan. Hal ini karena lapangan latihan pacu berporos pada sebelah kanan, hal ini menyebabkan tekanan beban di kaki kanan lebih besar daripada kaki kiri. Kemudian, kaki depan pada kuda pacu menerima beban dari cranial, sebagian dorsal, serta thorac, pun juga penjoki kuda, kebanyakan akan lebih condong kearah depan yang memperparah beban dari kaki depan. Sedangkan kaki belakang hanya menerima beban dari sebagian abdomen serta akhir dorsal.

Lalu bagaimanakah cara untuk mendiagnosa adanya lameness pada kuda? Ada beberapa cara, hal yang langsung bisa diamati adalah cara berjalan kuda. Apakah ada kepincangan? Apakah pada saat kaki nya menapak ada perubahan behavior seperti kepala nya agak mendongak? Jika hal hal itu terjadi maka dapat dicurigai bahwa kuda mengalami lameness. Pada daerah lameness sendiri dapat ditemukan adanya kebengkakan, kemerahan, dan kalau dipegang maka akan terasa lebih hangat daripada daerah lain. Hal lain yang bisa dilakukan adalah melakukan flex test dimana kaki pada kuda masing masing ditekuk, ketika ada kesakitan maka kuda akan otomatis merasakan sakit, setelah ditekuk maka kuda diajak berlari. Jika ada masalah akan ada perubahan gait dari kuda tersebut. Untuk terapi bisa menggunakan massage, intra-articular injection, IRAP (Interleukin-1 Receptor Antagonist Protein) ataupun tindakan surgery.

Lalu apakah chip fracture itu? Chip fracture adalah keadaan dimana tulang mengalami patah dan hinggap pada sendi. Hal ini tentu sangat berbahaya karena tulang yang patah bisa menyobek jaringan yang ada pada sekitar lokasi serpihan tulang tersebut. Nah gejala klinis yang terdapat pada chip fracture yang dapat diamati dan pasti ada adalah lameness. Letak dari chip fracture ini bermacam-macam. Namun biasanya ada pada proximal atau distal dari carpal, tulang carpal ketiga, distal dari radius, area sekitar phalanx, dan tulang sesamoidea. Cara mendiagnosa paling baik adalah melalui radiografi (x-ray). Treatment yang paling baik dan bisa dilakukan adalah surgery pengambilan chip fracture tersebut. Treatment lain yang mungkin bisa dicoba namun tidak efektif adalah inject anti inflamasi, pemberian chondroitin, ataupun NSAID.



Komentar

Postingan Populer